Rabu, 29 Mei 2013

Galaxy S4, Smartphone Tangguh yang 'Intim' dengan Penggunanya




















Samsung kembali menunjukkan eksistensinya di kancah smartphone premium dengan meluncurkan Galaxy S4. Mengusung spesifikasi terbaru dan berbagai fitur canggih di dalamnya, perusahan asal Korea Selatan ini optimis merenggut hati konsumen.

Belum lama ini Techno Okezone mendapat kesempatan menjajal smartphone unggulan Samsung tersebut. Hadir dengan tagline "Life Companion" perusahaan menggebrak pasar dengan bukan hanya menelurkan piranti canggih dengan gaya gedor mumpuni, namun raksasa elektronik ini menunjukkan bagaimana sebuah smartphone bisa menjadi pendamping penggunanya.

Bersaing dengan HTC One, LG Optimus G Pro, iPhone 5, Xperia Z, hingga BlackBerry Z10, lalu bagaimana kemampuan suksesor Galaxy SIII ini? Berikut ulasannya.

Desain
Samsung tak melakukan perombakan yang signifikan soal desain keluarga baru Galaxy S. Mengusung layar yang lebih luas, yakni 5 inci, smartphone jagoan perusahaan ini memiliki wujud ramping dan ringan dengan desain yang kompak bersisi melengkung di setiap sudutnya. Meskipun Samsung masih setia menggunakan material plastik.

Memiliki panjang 136.6 mm dan lebar 69.8 mm, Galaxy S4 cukup handy. Terlebih body menyuguhkan ketipisan 7.9mm dan bobot 130 gram.

Dihiasi kamera sekunder dan beberapa sensor pada bagian muka, perangkat ini terlihat cukup premium. Sama seperti pendahulunya, handset ini masih dibekali dengan tombol ‘Home’ yang dipadukan dengan dua tombol sentuh.

Ukurannya yang relatif besar dan sedikit mumbul menjadi pemandangan yang cukup mencolok pada bagian belakang. Ya, memang tak salah jika Samsung membuat fitur peringkus objek ini sedikit mencolok. Sebab, kamera menjadi salah satu jurus perusahaan untuk merenggut hati konsumen.

Selain dihiasi ukuran kamera yang besar pada bagian belakang, Galaxy S4 terlihat premium berkat tektur pada penutup baterai. Di bagian belakang ini, juga terdapat kilat LED serta logo perusahaan berwarna chrome dan speaker.

Galaxy S4 diperapik dengan list chrome yang memutar di bagian sisi piranti. Port microUSB, jack audio, tombol power, dan tombol pengatur volume juga tak ketinggalan menghiasi piranti ini.

Performa
Mengusung layar Super AMOLED 5 inci beresolusi 1080x1920 yang menyajikan kerapatan 441 piksel per inch memang memberikan pengalaman asyiknya menonton. Gambar yang dihasilkan pastinya lebih jelas dan warna yang lebih kaya.Layar juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3.0 yang membuat layar lebih kuat dan kebal terhadap goresan.

Kemudian layar yang cemerlang pastinya ditunjang spesifikasi yang mumpuni. Tenang saja, Galaxy S4 ini dibekali dengan System on Chip (SoC) terkini di kelasnya. Untuk pasar Indonesia sukesor Galaxy SIII ini hadir dengan Exynos 5 Octa.

Dibekali dua prosesor quad-core, yang masing-masing berlari pada clock 1.2GHz dan 1.6GHz. Handset jagoan Samsung ini juga diperkuat dengan RAM 2GB dan dilengkapi Graphic Processing Unit (GPU) PowerVR SGX544MP3.

Berjalan pada sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang diperapik dengan antarmuka TouchWiz UI menghasilkan tampilan yang lembut saat layar di sapu ke kanan atau kiri. Pada deck notifikasi, Galaxy S4 menyajikan berbagai pilihan modus yang lebih banyak bisa digeser ke kanan atau membuka pilihan secara keseluruhan dan menampilkan modus dalam ukuran 4x4.

Di atas kertas, spesifikasi yang disuguhkan Galaxy S4 memang sangat baik. Bahkan berdasarkan uji benchmark di AnTuTU, smartphone ini menorehkan skor tertinggi 28.164, peringkat pertama serta kedua ditempati Galaxy S4 dan Sony Xperia Z berada di posisi ketiga.

Kamera
Seperti dikatakan sebelumnya, selain mengusung spesifikasi yang mumpuni, Galaxy S4 juga hadir untuk memanjakan para gadget geek yang doyan narsis. Pada smartphone anyarnya ini, perusahaan asal Korea Selatan ini dibekali berbagai fitur menarik, seperti meringkus objek dengan dual camera lewat Dual Video Call atau Dual Video, Erase Foto, yakni sebuah fitur yang bisa menghapus objek bergerak yang tidak diinginkan.

Selain itu, peringkus gambar Galaxy S4 fitur Sound & Capture, dan Drama Shot membuat pengalaman meringkus gambar yang menyenangkan dan mebuat hasil jepretan tampak sempurna.

Kaya Fitur Pintar
Hadir mengusung tagline Life Companion atau pendamping hidup, Suksesor Galaxy S3 bukan hanya mengusung spesifikasi yang buas tetapi juga dibekali dengan 9 sensor yang berfungsi penyokong fitur pintar yang ada.

Cukup banyak fitur yang disuguhkan Samsung lewat Galaxy S4, yakni Air Gesture, Air View, Story Album, Smart Scroll, Smart Pause, WatchON, Group Play, dan S Health. Sederet fitur itu mayoritas berfungsi untuk mengurangi sentuhan ke piranti.

Dengan Smart Scroll misalnya, Anda tak perlu mengusap layar dengan jari. Cukup atur jarak layar dengan pandangan mata, maka Anda dapat melakukan scrolling saat mengakses internet dengan gerakan kepala atau dengan memiringkan perangkat. Namun ketika diuji terdapat sedikit kendala kala mengatur jarak pandangan dengan layar.

Air Gesture memungkinkan melihat koleksi foto tanpa menyentuh jari ke layar. Cukup sapu telapak tangan Anda di atas layar maka gambar akan bergerak ke kanan atau kiri.

Nah, bagi Anda yang suka plesiran ke luar negeri, Galaxy S4 juga menawarkan fitur S Translator, fitur ini memungkinkan Anda dapat memahami berbagai bahasa yang ada di dunia.

Pun demikian dengan Smart Pause, fitur pintar ini dapat mengetahui posisi pandangan Anda ketika menyaksikan video. Jadi ketika menoleh, video secara otomatis akan berhenti, dan ketika pandangan kembali ke layar, tayangan pun berputar kembali. Sama seperti Smart Scroll agak sulit untuk menggunakan fitur ini terutama untuk menentukan jarak yang optimal.

Namun, dari berbagai fitur pintar yang disajikan Galaxy S4, S Health menjadi fitur yang menarik menurut Techno Okezone. Pasalnya sebagai smartphone yang dikategorikan sebagai produk high-end, isu kesehatan pastinya menjadi fokus para penggunanya.

Ya, dengan S Health, Anda dapat mengontrol beberapa indikator yang menyangkut dengan kebugaran. Aplikasi ini memungkinkan asupan kalori disesuaikan dengan kondisi ideal penggunanya. Bahkan aplikasi ini dapat memantau berapa banyak kalori yang sudah dikeluarkan dengan berjalan.

Nah, bila Anda memiliki teman yang menggunakan Galaxy S4, jangan lewatkan fitur yang satu ini, Grup Play. Fitur ini memungkinkan beberapa Galaxy S4 dapat bermain game, berbagi foto dan dokumen. Bahkan dapat memutar musik secara bersamaan.

Dengan berbagai spesifikasi yang diusung dan berbagai fitur yang berjejal di Galaxy S4, mungkin Anda bertanya bagaimana kemampuan smartphone unggulan Samsung ini? Tenang saja, selain meningkatkan kemampuan layar dan jeroan, Samsung juga membekali smartphone unggulannya ini dengan baterai Li-Ion berkapasitas 2600mAh.

Akhir kata, dengan harga Rp7,5 juta dengan sejumlah spesifikasi dan fitur-fitur pintar di dalamnya, semua kembali kepada Anda konsumen, apakah Galaxy S4 layak dijadikan sebagai pendamping hidup Anda dan melatih Anda untuk hidup lebih sehat lewat S Health? Terserah Anda.

Spesifikasi
- Prosesor Octa-core (quad-core 1.6GHz Quad + 1.2GHz)
- RAM 2GB
- Memori internal 16GB (dilengkapi slot microSD up-to 64GB)
- Baterai Li-Ion 2600mAh'
- Layar 5 inci Full HD Super AMOLED beresolusi 1920x1080
- Kamera
  *Utama 13 MP
  *Sekunder 2MP
- Bobot 130gram
- Sistem Operasi Android 4.2.2 yang diperapik dengan antarmuka TouchWiz UI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar