Jumat, 20 September 2013

Android dan iOS Masih Berkibar, Dilema Hampiri Developer Windows


Mungkin bukan lagi rahasia  jika developer aplikasi Windows selama ini yang ingin ‘bermain’ di ranah perangkat mobile harus menemukan kenyataan jika para pengguna aplikasi saat ini belum banyak melirik Windows.

Sebuah laporan yang bertajuk “Entering the Brave New World of Mobile Apps” dan dirilis oleh Dimensional Research pada (11/9)  menggarisbawahi pada dua fakta yang bersinggungan jika OS Windows sendiri membutuhkan ketersedian aplikasi pada perangkat mobile. Namun demikian, kebutuhan ini dihadapkan pada kenyataan jika permintaan yang ada mayoritas saat ini adalah pada platform Android dan IOS. Berdasarkan survei itu sendiri, platform Windows sendiri saat ini harus puas terkatung di posisi ketiga dan empat.

Lebih lanjut, survei tersebut turut menguak jika 85 persen responden telah merujuk pada aplikasi mobile, yang termasuk kemampuan mobile untuk sebuah aplikasi yang telah ada sebelumnya, aplikasi baru yang diluncurkan secara bersamaan, atau pergantian sistem mobile yang telah ada.

Dalam laporan tersebut, Android boleh berbangga hati karena meraih posisi sebesar 83 persen. iOS dari Apple menyusul di posisi kedua dengan perolehan 67 persen. Windows Phone sendiri masih tertahan di angka 33 persen. Sedangkan sisa 13 dan 14 persen ditempati oleh Windows RT dan BlackBerry.



Developer Windows sendiri yang ingin bermain di ranah iOS dan Android akan dihadapkan pada tantangan baru,” ujar Diane Hagglund, Principal dari Dimensional Research. “Mau tak mau mereka harus menjajakinya, dan bekerja keras. Walaupun seorang developer tentu punya kemampuan yang tak diragukan, tantangan itu tetap nyata bagi mereka.” 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar