Rabu, 18 September 2013

Manfaat Berpelukan Untuk Tubuh


Berpelukan bukan hanya merupakan wujud ekspresi kasih sayang dan keakraban, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli bahwa berpelukan bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan kecemasan, dan bahkan meningkatkan daya ingat. Terdapat banyak sekali manfaat positif yang didapat ketika kita memeluk orang-orang yang dikasihi.

Berpelukan adalah bagian terpenting dalam membina kedekatan antara orang tua dan anak, maupun pasangan kekasih. Tidak hanya menunjukan kedekatan emosional tapi juga meningkatkan kesehatan.

Ketika anda memeluk orang yang anda kasihi, terdapat hormon yang akan dilepaskan ke dalam aliran darah, yaitu hormon oksitosin. Hormon inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah mengurangi kecemasan dan stres, bahkan dapat meningkatkan memori daya ingat anda.

Hormon oksitosin ini diproduksi di kelenjar hipofisis dan ditemukan cukup tinggi pada pasangan yang sedang menjalin hubungan. Perlu anda ketahui pula bahwa, hormon ini hanya akan memberikan efek positif jika dalam proses berpelukan tersebut saling mempercayai, ada rasa saling terhubung dan sinyal yang dikirim sesuai. Jika pelukannya tidak diinginkan kedua belah pihak atau tidak mengenal satu sama lain, makla efek nya hilang. Itu kata peneliti Jurgen Sandkuhler, yang merupakan pakar neurofisiologi di Pusat Penelitian Otak Universitas Kedokteran Wina.


Tidak perduli berapa lama atau seberapa sering anda berpelukan, kepercayaan merupakan hal yang paling penting dalam berpelukan. Kenaikan kadar oksitosan dapat terjadi lewat perilaku yang sepele sekalipun apabila sudah ada kepercayaan.

Berikut ada beberapa hal positif yang didapat dari berpelukan:

1. Memberikan Rasa Nyaman
Memeluk bisa memberikan rasa nyaman dan aman, ketika seseorang sedang takut sedih, kecewa atau kesal. Pelukan sangat membantu untuk memberikan rasa nyaman dan tenang, atau bahkan meberikan motivasi untuk membantu bangkit dari keterpurukan. Pelukan yang disertai dengan pijatan kecil di bahu, lengan punggung dapat mengisyaratkan anda peduli dan seolah mengatakan semuanya akan baik-baik saja.

2. Menunjukan Simpati dan Kasih Sayang
Ketika kita mencintai seseorang, memeluknya adalah cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang cintai. Pelukan dapat menjadi isyarat bahwa anda memberikan perhatian dan merasa ingin selalu dekat dengan dia. Kedekatan secara fisik antara dua orang yang saling mencintai bisa membantu menguatkan ketertarikan emosional serta meningkatkan rasa nyaman dan aman pada orang yang dicintai. Pegang dia dengan erat dan lingkarkan kedua tangan anda ketubuhnya untuk menunjukkan rasa sayang.

3. Berbagi Kengahatan
Salah satu keuntungan dari berpelukan adalah membuat tubuh orang merasa hangat, khususnya saat berada di cuaca dingin. Untuk orang yang sedang terkena demam atau menggigil, pelukan akan bisa sangat membantu membuatnya lebih nyaman karena merasakan kengahatan tubuh anda.

4. Penghilang stres
Pelukan hangat dapat mengeluarkan hormon yang berhubungan dengan cinta dan kedamaian. Hormon tersebut menekan hormon penyebab stres yang ada didalam tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar