Selasa, 07 Mei 2013

Tips Agar BB Anda Tidak Terus-Menerus Lemot!

Di Indonesia BlackBerry merupakan salah satu ponsel pintar yang banyak digunakan. Entah untuk keperluan bisnis ataupun hanya sekedar keperluan sekedar ngobrol bersama dengan teman-teman satu grup. Namun dibalik fitur BBM yang memanjakan banyak orang di negara kita, ternyata BlackBerry banyak memiliki kekurangan. Selain dari keterbatasan aplikasi, ternyata BlackBerry juga memiliki masalah pada pengoperasian yang bisa dibilang sangat lambat sekali. Dari masalah booting, hingga menjalankan beberapa aplikasi, BlackBerry terkadang berjalan sangat lambat sekali.


Seperti yang dilansir pada Jeruk Nipis, ada beberapa hal yang membuat BlackBerry tersebut bisa menjadi sangat lambat. Penyebab kelambatan tersebut dikarenakan ada banyak sekali cache yang tersimpan disana, cache-cache tersebut adalah sebagai berikut;


Messenger atau Conversation yang tidak ditutup (BBM, Yahoo Messenger, Google Talk, dll.)
Memori log event dan memori history browser yang jarang dihapus.
Aplikasi yang berat atau aplikasi-aplikasi yang sering dibuka secara bersamaan.   
Nah, untuk mengatasinya masalah-masalah yang ada diatas tersebut, ada beberapa cara yang telah dirangkum di bawah ini: 

1. Bersihkan Cache
Cara untuk membersihkan cache atau yang biasa disebut dengan cache cleaning sangatlah mudah. Mungkin sudah banyak dari kalian disini yang mengetahui cara tersebut. Namun untuk yang belum mengetahui dapat melakukan hal ini. Masuk ke “Browser”, tekan logo BlackBerry, pilih “Options”, pilih “Cache Operations”, lalu tekan semua tombol clear yang ada.

2. Event Log Cleaning HomescreenTekan dan tahan tombol ALT, tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan), diikuti dengan menekan Logo BlackBerry. Lalu pilih “Clear Log” yang ditutup dengan memilih opsi “Delete”.

3. Membersihkan MemoryUntuk yang satu ini pengguna dapat melakukan cara dengan mencari menu security options, terus pilih Memory Cleaning. Pada status disabled, dirubah menjadi Enabled. Perhatikan 4 baris dibawah menu “Memory Cleaning”, terdapat tulisan ’show icon on home screen’. Tekan dan ubah ‘NO’ menjadi ‘YES’. Tekan tombol “Return” (panah memutar), lalu save changes. Kembali ke “Homescreen” dan pilihlah ikon baru “Memory Cleaner” (mirip gambar printer)

4. Reset Ponsel
Untuk hal ini ada dua cara yang dapat dilakukan, yang pertama reset ponsel secara ringan, yang kedua secara berat. Yang pertama adalah dengan menekan tombol secara bersamaan Alt – Caps atau tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del. Ini akan menyebabkan perangkat BlackBerry ter-restart atau reboot. Sedangkan untuk mereset ponsel secara berat pengguna dapat mencabut baterai secara berkala setiap 2 atau 3 minggu sekali, sehingga dengan adanya tindakan ini maka daya atau energi yang tertinggal akan tidak ada. Cabut baterai selama 5 menit, kemudian pasang kembali. Bagaimana? Semoga saja cara tersebut dapat membantu pengguna Blackberry semua agar dapat merasa nyaman dengan ponsel yang lebih enak pada performa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar